Jumat, 23 November 2012

Ziarah Para Wali - Makam Raden Kian Santang

Makam Raden Kian Santang
Makam Raden Kian Santang
Raden Kian Santang atau lebih dikenal oleh masyarakat Garut adalah Syekh Rohmat Suci yang dimakamkan di daerah Godog Garut. Beliau adalah putra dari Prabu Siliwangi menurut riwayat yang saya terima dari pada Guru saya, Prabu Siliwangi mempunyai 2 putra dan 1 putri yang pertama adalah Raden Walangsungsang kemudian Raden Kian Santang dan Nyi Mas Rarasantang.

Sewaktu lahir Raden Kian Santang dan Nyi Mas Rarasantang ini seperti kembar siam tetapi berbeda jenis kelaminnya. Singkat cerita Nyi Mas Rarasantang dipersunting oleh Raja Mesir ( kalo ga salah ya ragu nihh tau Raja Mesir atau Raja Arab yaa agak lupa heheh....tar ane tanya2 lagi yaa...) kemudian berganti nama menjadi Syarifah Mudaim, beliau dibawa ke negeri Arab dan menetap disana. Dari sinilah dimulai cikal bakal penyebaran agama islam dimana Syarifah Mudaim atau Nyi Mas Rarasantang mempunyai putra yaitu Sunan Gunung Jati, keilmuan agama islam dan sifat sufi yang telah melekat pada diri beliau menjadikan dirinya tergugah untuk meneruskan perjuangan menyebarkan agama islam di tempat ibunya dilahirkan. 

Sampailah Sunan Gunung Jati ini di daerah Cirebon kemudian berguru kepada seorang Sufi keturunan Arab yaitu Syekh Datuk Kahfi. Dari sinilah islam mulai berkembang di tatar bumi Jawa.

Itu sedikit cerita yang saya tahu dan saya terima daripada Guru saya, termasuk ya daya tangkap saya juga waktu itu hehehehe……

Alhamduliah saya bersama teman-teman sempat berziarah ke makam Syekh Rohmat Suci atau Raden Kian Santang dan mengabadikan beberapa foto dan video. Sebelumnya juga saya sempat berziarah dulu ke makam Eyang Wangsa Muhammad. Bagi kamu yang ingin mengetahui seperti apa dan bagaimana suasana di makam tersebut mudah-mudahan postingan ini bermanfaat yaa bagi semua.

Perjalanan Melewati Situ Bagendit
Perjalanan Melewati Situ Bagendit
Area Belakang Makam Raden Kian Santang
Area Belakang Makam Raden Kian Santang
Download videonya DISINI.

2 komentar:

  1. sangat menarik kisah kian santang

    BalasHapus
  2. Raden kian santang memang populer, komentar juga ya di blog saya www.goocap.com

    BalasHapus